Dra.Hj.Ngesti Yuni Suprapti

Jumat, 02 Mei 2008

MANFAAT DAN DIVERSIFIKASI BUAH KELAPA


Bagian-bagian tanaman kelapa yang dapat dimanfaatkan unuk bahan baku industri antara lain, buah kelapa. Buah kelapa ini terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit, buah, daging buah, dan air kelapa.


1. Daging Buah Kelapa

Merupakan sumber protein yang mudah dicerna. kandungan zat dalam daging kelapa ini dapat diolah ,menjadi berbagai produk kebutuhan rumah tangga, seperti bumbu dapur, santan, kopra, minyak kelapa dan kelapa parut kering. Selain itu juga dapat sebagai bahan untuk margarin, es krim, bahan kosmetik,pelumas, kembang gula, shampoo, sabun cuci dan minyak rambut.

2. Air Kelapa

Mengandung mineral, gula, abu, air, dan dapat diolah menjadi sirop, nata de coco, cuka, kecap dan lain-lain.

3. Tempurung Kelapa

Dapat dimanfaatkan sebagai arang dan karbon aktif, selain itu juga sebagai barang kerajinan,alatrumah tangga dan alat kesenian lainnya, dapat dibuat juga tali pinggang, gelang,sendok, asbak, kancing baju serta perhiasan dinding.

4. Sabut Kelapa

Sabut kelapa dapat dijadikan sebagai bahan baku aneka industri, seperti karpet, sikat, keset, bahan pengisi jok mobil,dan tali. Sedangkan gabusnya dapat dibuat pot bunga, untuk sabut berkaret bisa dibuat batako, kasur dan meubeler.

5. Akar Kelapa

Akar kelapa telah banyak digunakan sebagai bahan baku karya seni, meubeler dan barangkerajinan. Dari akar kelapa pula dapat dihasilkan obat-obatan dan zat warna.

6. Batang Kelapa

Batang kelapa yang sudah tua dapat dignakan sebagai bahan bangunan, jembatan, kerangka papan perahu atau kayu bakar. Batang kelapa juga dapat juga digunakan sebagai bahan industri kerajinan seperti gagang cangkul, patung, tempat buah, asbak, hiasan dinding dan meubeler.

7. Daun Kelapa

Daun kelapa muda untuk kemasan masakan tradisional seperti ketupat atau hiasan janur. Sedangkan daun kelapa tua untuk atap, sapu lidi, tusuk sate, tikar, topi, dan keranjang.

8. Bunga Kelapa

Mayang bunga kelapa yang belum mekar dapat disadap untuk menghasilkan nira kelapa. Nira dapat bermanfaat untuk pembuatan cuka, nata de coco, ragi, minuman beralkohol dan bahan dekorasi.

9. Pelepah Kelapa

Dapat dibuat sebagai industri kerajinan, seperti topi, kipas dan gabus serta bahan bakar.




( Sumber: Bahan Diklat Teknologi Tepat Guna yang diikuti penulis di Jakarta Tangal 22 - 26 juni tahun 2006)

2 komentar:

ASTUTI mengatakan...

Manfaat kelapa emang sangat banyak...hanya sayangnya manfaat itu belum kita "manfaatkan". Apalagi kita yang di Natuna tuh...banyak kelapa berserakan...Nah tugas pak eko nih diperindag bagaimana mengembangkan industri kelapa kita supaya maju

adip mengatakan...

saya sedang mencoba untuk memanfaatkan serabut kelapa sebagai keripik,, bagi yang memiliki informasi tolong kirimkan email ke shenastra@yahoo.co.id

terimakasih

  © Blogger template 'Personal Blog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP