Dra.Hj.Ngesti Yuni Suprapti

Selasa, 29 April 2008

KELAPA SUMBER ENERGI ALTERNATIF


Buah kelapa selain bermanfaat untuk keperluan industri maupun rumah tangga juga dapat menjadi sumber energi alternatif, biodiesel. Sayangnya belum dilirik orang. Krisis listrik yang sedang melanda hampir seluruh Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Natuna. Hasil penelitian menunjukkan, penggunaan minyak kelapa sebagai bahan bakar PLTD mampu menghasilkan daya listrik sebesar 1 megawatt . Untuk daerah pedesaan , daya yang sebesar itu mampu didistribusikan ke 100 rumah dengan asumsi hanya pemakaian tiga lampu, televisi dan satu atau dua peralatan elektrik lainnya.

Harapan ini bisa menuntaskan krisis listrik di kawasan pedesaan dan pulau-pula terluar di daerah perbatasan seperti Kabupaten Natuna. Telaah jumlah produksi kelapa secara menyeluruh sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan suatu wilayah dalam menggunakan energi listrik altenatif ini.

Peran pemerintah daerah sangat diharapkan karena ini merupakan sustu bentuk upaya pemerataan disektor kelistrikan. Sementara itu sektor industri dapat berjalan sebagaimana metinya tanpa harus dibatasi ketersediaan energi listrik. Yangjelas skaran areal kelapa petani sudah siap dimanfaatkan tetapi industrinya yang masih terbatas.

Tidak ada komentar:

  © Blogger template 'Personal Blog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP