Dra.Hj.Ngesti Yuni Suprapti

Rabu, 03 Desember 2008

VCO ( Virgin Coconut Oil ) Natuna

Dalam Pengembangan minyak kelapa murni atau bahasa kerenya virgin coconut oil ( disingkat VCO ) di Natuna, berbagai usaha telah dilakukan dengan pembinaan yang cukup intensif, hasil penyaringan yang dilakukan sudah cukup bisa berkompetisi di pasar lokal mapun pasar lainnya yang lebih luas.
Dalam proses pengembangannya banyak dtemui kendala-kendala yang cukup berarti, apalagi jenis produk yang berasal dari buah kelapa ini masih asing ditelinga masyarakat tempatan, mereka lebih mengenal minyak kelapa yang diproduksi oleh industri rumah tangga. Mereka tidak tahu kegunaan minyak kelapa murni ini, dalam benak mereka minyak kelapa murni ini sama dengan minyak makan yang dikonsumsi untuk menggoreng berbagai produk makanan. Padahal khasiat kesehatannya cukup baik dan teruji bisa memuat kondisi tubuh menjadi lebih baik.

Proses pembuatan minyakkelapa murni sebenarnya sangat sederhana dengan peralatan yang sudah ada. Proses yang dilakukan dengan cara penyaringan sebanyak tiga kali, dan hasil yang didapat minyak yang bening dan bersih.

Pemasaran minyak kelapa murni ini masih bersifat lokal dan tergantung kepada pemesanan, peluasan pasar pun dilakukan dengan mencari beberapa penampung yang berada di luar Natuna dan sudah ada yang menyatakan sanggup menampung hasil produk VCO Natuna ini. Bentuk promosi seperti mengikutsertakan dalam berbagai ajang pameran pun dilakukan dengan melakukan pendekatan bisnis, selain itu dalam memperkenalkan jenis produk ini pada masyarakat tempatan pun tetap dilakukan, apalagi ada sebagian masyarakat yang sudah mengetahui khasiat VCO dan ini merupakan satu TANTANGAN bagi pihak pembinaan....Bravo VCO Natuna...

1 komentar:

ayu mengatakan...

saya tertarik dng VCO dr natuna. bisakah anda memberikan data2 yg lgkp. dan saya membutuhkan baik alamat, nama yg bs saya hub ayau nomor telp.
tq

  © Blogger template 'Personal Blog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP